Selasa, 16 Februari 2010

Thermal Spray Coating




Thermal Spray Coating


adalah teknik pelapisan permukaan logam yang digunakan untuk meningkatkan sifat-sifat permukaan logam dasarnya.Permukaan logam yang telah dilapisi dengan Thermal Spray Coating akan mempunyai ketahanan terhadap keausan dan perlindungan terhadap korosi thermal.


Prinsip kerja
Prinsip kerja Thermal Spray Coating adalah memanaskan material berbentuk powder atau wire menjadi semi cair, material yang sudah setengah cair diatomisasi menggunakan semburan gas membentuk deposit menghasilkan lapisan dengan tebal beberapa micron sampai beberapa milimeter. Lapisan material yang dihasilkan akan mempunyai sifat mekanis melebihi material logam dasarnya.
Thermal Spray Coating biasa digunakan untuk merepair komponen mesin agar tahan terhadap abbrasive wear, fretting dan galing, sliding wear serta particle errosion. Bisa digunakan pada mesin-mesin compressor, pompa, steel roller, bearing bore, engine, drive shaft, dies dan lain-lain. Thermal Spray Coating adalah pilihan terbaik untuk menghemat biaya perawatan mesin karena memperpanjang usia komponen.


Jenis-jenis Material Coating :
- Alumunium - Zinc
- Cooper - Stainlles
- Ceramic Oxide - Tunsten Carbide
- Chrome Steel - Babbit
- Nickel

Tidak ada komentar: